Jasa Audit Perusahaan Profesional Dengan Tenaga Ahli

Jasa Audit Perusahaan

Sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari kita tak pernah lepas dari yang namanya pembukuan. Siklus keuangan selalu terjadi setiap hari, entah itu keperluan diri sendiri, keluarga bahkan skala perusahaan. Jadi sebenarnya pembukuan tidak hanya dilakukan oleh para perusahaan besar-besar saja. Ketika anda mempunyai sebuah usaha dagang, anda harus melakukan pembukuan maksimal setiap bulannya. Bagaimana keuangan keluar dan bagaimana keuangan masuk. Untuk siklus keuangan skala besar, anda bisa menggunakan Jasa Audit Perusahaan. Seperti yang sudah anda tahu, Jakarta merupakan kota pusat perekonomian di Indonesia. Berikut ini 5 cara yang paling sederhana, untuk membuat pembukuan.

Kumpulkan Data Dan Analisis Semua Bukti Transaksi

Dalam tahap pembukuan yang pertama harus dilakukan adalah mengumpulkan segala data dan semua bukti transaksi. Baik dari bukti pengeluaran uang, bukti penerimaan uang dan masih banyak lainnya. Semua bukti dan data terkait harus dikumpulkan menjadi satu, supaya pembukuan bisa dilakukan. Data mengenai hutang piutang juga masuk ke dalam data yang akan ikut dalam pembukuan. Setelah semua data terkumpul, anda harus melakukan analisis data. Analisis data ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dari semua data yang sudah anda kumpulkan.

Jurnal Akuntansi

Setelah melakukan analisis dari semua data yang sudah anda kumpulkan, ini saatnya anda membuat jurnal akuntansi atau jurnal pembukuan dari semua transaksi. Jurnal akuntansi yang dimaksud disini adalah membuat atau mencatat semua transaksi yang terjadi. Entah transaksi yang keluar maupun transaksi yang masuk. Untuk mencegah sebuah kesalahan dari pembukuan transaksi, anda bisa melakukan pencatatan setiap harinya. Kemudian pindahkan di buku besar setiap bulannya. Ini akan memudahkan anda untuk pengecekan dan penulisan semua transaksi. Ketelitian memang sangat dibutuhkan ketika membuat jurnal akuntansi.

Menulis Transaksi Ke Buku Besar

Yang di maksud buku besar, bukan berarti berbentuk buku yang sangat besar. Buku besar merupakan catatan dari keseluruhan transaksi yang anda punyai. Baik dari kas, pembayaran, pembelian, hutang, piutang dan semua data yang anda lakukan setiap harinya. Semua data harus tercatat dengan rapi dan tidak boleh terlewat satu pun. Pada penulisan buku besar, anda harus mengelompokkan dari setiap transaksi. Misal transaksi piutang harus di letakkan di piutang semua. Begitu juga dengan kas dan pengeluaran lainnya. Jadi sangat penting memilih jasa audit perusahaan yang professional, supaya semua transaksi bisa di tulis dengan sistematis.

Neraca Percobaan

Membuat neraca percobaan sangatlah penting. Hal ini dilakukan untuk membuktikan keseimbangan antara pengeluaran (kredit) dengan pemasukan (debit). Neraca percobaan di buat setelah di lakukan tutup buku atau selesai melakukan semua pembukuan dari segala transaksi. Jika semua data yang anda lakukan benar. Seharusnya ada keseimbangan antara debit dan kredit. Jika tidak seimbang mungkin ada beberapa alasan. Seperti ada pencatatan transaksi yang salah atau lupa penghitungan, transaksi yang belum di catat dan masih banyak lainnya. Jadi sangat penting mengecek segala transaksi dengan benar dan tepat.

Laporan Keuangan

Tahap terakhir untuk membuat pembukuan adalah laporan keuangannya. Setelah selesai dengan semua tahap yang ada di atas, anda harus membuat laporan keuangan. Laporan keuangan ini termasuk ke dalam laporan laba dan rugi, laporan arus kas, laporan dari perubahan modal, proses keuangan dan masih banyak lainnya. Semua itu harus anda lakukan dengan benar. Tetapi sekarang anda tak perlu bingung dengan semua kegiatan tersebut. Anda bisa menyerahkan kepada jasa audit perusahaan. Anda bisa menggunakan jasa kami, kantoraudit.com untuk mencatat semua transaksi yang dilakukan dalam perusahaan anda.

Baca artikel lainnya di Kantoraudit.comJasa Pembuatan Audit Keuangan Dengan Layanan Terbaik

424 Comments

Leave a Reply